Food For ThoughtsLifestyle

Sering Menunda Pekerjaan? Ini Tips Buat Lo!

Gue yakin bukan cuma Gue yang sering menunda-nunda pekerjaan sampai akhirnya kerjaannya ngaret alias gak kelar tepat waktu. Apakah Lo juga memiliki keresahan yang sama dengan Gue? Kalau iya, maka artikel ini cocok banget buat Lo. 

Dalam sehari Lo pasti punya beberapa kerjaan yang harus diselesaikan. Namun, sayangnya waktu Lo terbatas. Lo hanya punya 24 jam dalam sehari.

Oleh karena itu, gimana caranya Lo bisa memaksimalkan waktu terbatas itu untuk mengerjakan  banyak hal dan hasilnya tetap optimal?

Nah, menurut buku Eat That Frog!: 21 Great Ways to Stop Procrastinating and Get More Done in Less Time, karya Brian Tracy, ini dia beberapa hal yang bisa langsung Lo lakukan.

1. Breakdown Kerjaan Sesuai Prioritas dan Tingkat Kesulitan

Yang harus Lo lakukan pertama kali adalah listdown apa saja yang perlu Lo lakukan di hari itu. Menurut Brian Tracy, semakin sulit pekerjaan, maka semakin besar kemungkinan Lo akan menundanya.

Maka dari itu, mulai hari Lo dengan mengerjakan hal yang paling urgent, penting, dan  paling sulit. Seperti judulnya, Eat That Frog, Frog disini adalah representasi dari kerjaan yang besar, penting, sulit dan paling malesin buat Lo kerjain.

Kalau Lo udah makan kodok Lo, alias udah menyelesaikan tugas yang penting dan paling sulit di hari itu, maka pasti Lo akan menjalani hari dengan lebih positif dan optimis karena mungkin Lo telah melewati hal terburuk yang bisa terjadi di hari itu.

menunda pekerjaan

2. Menggunakan Metode A B C D E

Brian Tracy memperkenalkan metode A B C D E, dimana metode ini sederhana dan bisa membantu Lo menentukan mana yang harus Lo kerjakan lebih dulu.

“A” adalah kegiatan yang paling penting dan sulit. Kalau Lo gak kerjain, maka Lo akan kena konsekuensinya. “A” merupakan “kodok” terjelek Lo di hari itu. Lo bisa membaginya menjadi A-1, A-2, A-3, dan seterusnya.

“B” adalah kegiatan yang seharusnya Lo lakukan. Kalau Lo gak kerjain, konsekuensinya gak sebesar “A”. Peraturannya adalah Lo gak boleh mengerjakan kerjaan “B” sebelum kerjaan A selesai semua.

“C” adalah kegiatan yang akan baik jika Lo lakukan, tapi kalau enggak juga gak ada konsekuensinya. Kegiatan yang termasuk Kolom “C” ini tidak berdampak pada dunia kerja Lo

“D” adalah kergiatan yang bisa Lo delegasikan ke orang lain. Peraturannya adalah Lo harus mendelegasikan beberapa kerjaan yang bisa dikerjakan sama orang lain. Jadi, Lo akan punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan “A”.

“E” adalah kegiatan yang bisa Lo eliminasi. Kegiatan ini sama sekali gak berpengaruh terhadap hidup Lo. Biasanya “E” ini adalah sesuatu yang Lo nikmati. Contohnya nonton, scroll Tiktok, dan lainnya.

Jika Lo sudah menerapkan metode A B C D E, maka siap-siap untuk jadi lebih terorganisir dan kerjaan penting Lo jadi cepat selesai.

Kuncinya adalah mendisiplinkan diri untuk segera mengerjakan kerjaan A-1, dan jangan berhenti sampai selesai. Pokoknya, konsentrasi pada 1 kerjaan dan jangan berhenti.

3. Motivasi Diri Lo Sendiri

Kalo kata Brian Tracy, “To Perform at your best, you must become your own personal cheerleader.

Belajarlah untuk jadi orang yang lebih positif dan optimis. Mulai untuk bilang kata-kata yang baik ke diri Lo sendiri. Misalnya “i like myself”, “i can do it”.

Ungkapkan itu berkali-kali sampai Lo benar-benar percaya dan bertindak dengan penuh percaya diri, and full of self respect. Kalau Lo masih sering ngomong hal yang jahat ke diri Lo, lebih baik Lo berubah sekarang dan rasakan perbedaanya.

Beberapa keuntungan menjadi seseorang yang percaya diri dan optimis adalah

  • Sesalah apapun keadaannya, orang yang optimis selalu bisa menemukan hal yang baik dan berguna
  • Orang yang optimis selalu mengambil pelajaran berharga dari sebuah kesulitan atau tantangan, sehingga mereka bisa belajar dan bertumbuh
  • Orang yang optimis selalu mencari solusi dari setiap masalah. Jadi, instead of menyalahkan atau komplen, mereka akan mencari solusi dan action oriented.

Selain itu, orang optimis juga sering memikirkan dan membicarakan tentang goals mereka. Kalau Lo sering memvisualisasikan dan membicarakan hal yang positif tentang goals Lo, maka secara gak langsung Lo akan jadi lebih fokus dan bergairah untuk mengejarnya.

Itu dia 3 dari 21 cara dari Brian Tracy biar Lo jadi orang yang lebih produktif dan kerjaan Lo gak keteteran lagi.

Untuk membaca lebih lengkapnya, Lo bisa langsung beli buku atau download pdf buku  Eat That Frog!: 21 Great Ways to Stop Procrastinating and Get More Done in Less Time, punya Brian Tracy.

Gue jamin Lo gak akan menyesal punya buku ini. Buku ini berisi 21 hal practical yang bisa Lo terapkan sekarang juga ke kehidupan Lo.

Related posts
Lifestyle

Selalu Ngerasa Gak Ada Baju, Padahal Lemari Penuh?

Lifestyle

Heineken® Ajak Rayakan Tiap Momen

Lifestyle

Tas Mewah dari Meteorit Dijual Rp 652 Juta, Minat?

Lifestyle

Cofounder Instagram: Instagram Kehilangan Jiwanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *