Current AffairsLifestyle

Tips Hemat Kalau Gaji Lo Pas-pasan

Beberapa waktu lalu juga sedang trending masalah gaji 6 juta di Jakarta yang gak cukup. Banyak yang gak setuju dengan pernyataan itu karena 6 juta perbulan itu sudah dianggap cukup untuk hidup di ibu kota.

UMR Jakarta saat ini adalah Rp4,6 juta. Kalau gaji Lo 6 juta berarti sudah di atas UMR. Gue yakin pasti masih banyak orang yang tetap bisa hidup dan makan dengan gaji di bawah 6 juta perbulan.

Lalu, gimana caranya agar Lo bisa hidup di ibu kota kalau gaji Lo pas-pasan. Sini Gue kasi beberapa tips.

1. Gunakan Transportasi Umum

BBM naik, platform jasa transportasi juga naik. Maka dari itu, untuk menghemat biaya, sebisa mungkin gunakan transportasi umum seperti KRL, MRT, atau bis shuttle.

Kalau Lo belum terbiasa, Lo bisa coba tanya-tanya teman yang sering naik kendaraan umum, atau bisa pelajari di Google.

Itung-itungan tentang pengeluaran transportasi harian Lo. KRL mematok harga Rp3 ribu, MRT mematok harga yang beragam, paling mahal kurang lebih Rp10 ribu. Sementara itu, bis shuttle Rp25 ribu.

2. Cara Kos yang Sesuai Budget

Kalau Lo kerja di luar kota, yang ongkos PPnya mahal, lama, dan melelahkan, maka solusinya adalah ngekost.

Tapi, dengan gaji yang pas-pasan, pastikan Lo mencari kost yang sesuai dengan budget Lo, ya. Jangan sampai setengah dari gaji Lo itu abis buat biaya kost.

Misalnya, kalau gaji Lo 6 juta, maka cari kost yang harganya 1-2 juta. Akan lebih baik lagi kalau sudah termasuk listrik, air, dan lain sebagainya. 

3. Gak Makan Hedon

Pengeluaran harian lainnya adalah makan. Cari makanan murah yang ada di sekitar kost atau rumah Lo. Contohnya warteg.

Lo bisa 1 kali makan dengan hanya mengeluarkan Rp15 atau Rp20 ribu. Memang, mungkin rasanya gak seenak makanan mahal yang biasa Lo makan. Tapi seenggaknya itu mengenyangkan, kok.

Lo boleh sesekali gojek makanan yang Lo mau, tapi ingat tetap kontrol pengeluaran makan Lo, ya. Termasuk nongkrong juga.

4. Jangan Sering Beli Kopi Overpriced 

Lo tau kan apa yang Gue maksud dengan kopi overpriced? Kalau Lo orang yang harus selalu ngopi dulu sebelum kerja, maka untuk menghemat pengeluaran Lo bisa bikin kopi sendiri di rumah atau kos, atau cari kopi yang murah, atau yang lagi promo. 

Akan lebih bagus lagi kalau kantor Lo sudah menyediakan kopi atau makanan kecil. Dengan begitu, Lo tinggal menahan godaan untuk beli kopi dari luar.

5. Tahan Godaan Belanja

Gue ngerti godaan belanja banyak banget. Apalagi cewek yang butuh baju, make up, skin care, dan lainnya.

Lo bisa memanfaatkan promo-promo pas tanggal cantik, atau promo lainnya. 

Tapi, jangan sampai lapar mata, ya. Jangan jadi boros dengan membeli hal yang Lo mau, padahal gak butuh.

Salah satu caranya adalah pas Lo mau beli sesuatu, tahan dulu. Kalau Lo masih kepikiran barnag itu seminggu kemudian, maka Lo boleh membelinya. Pastikan sesuai dengan kemampuan Lo.

Utamakan terlebih dulu kebutuhan primer, seperti cicilan, uang makan, bayar kost, listrik, dan lain-lain.

Itu dia beberapa tips dari Gue buat Lo yang mau hemat dengan gaji pas-pasan. Emang, sih, di Jakarta tampaknya semua serba mahal, tapi nyatanya enggak, kok. Tergantung masing-masing orang.

Lo tetap bisa hidup berkekcukupan dengan gaji 6 juta di Jakarta. Tergantung lifestyle Lo. kalau sadar gaji Lo pas-pasan ya jangan hedon. 

Related posts
Lifestyle

Selalu Ngerasa Gak Ada Baju, Padahal Lemari Penuh?

Current Affairs

Bahasa Indonesia Akan Diajarkan di Harvard University

Lifestyle

Heineken® Ajak Rayakan Tiap Momen

Lifestyle

Tas Mewah dari Meteorit Dijual Rp 652 Juta, Minat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *