Food For Thoughts

Mau Bermental Kuat? Gini Caranya

Gak hanya fisik yang kuat, kita juga harus bermental kuat. Dengan mental tahan banting, pasti banyak yang bisa kita capai.

Amy Morin, LCSW,  seorang terapis berlisensi, dosen perguruan tinggi, penulis, dan pembicara TEDx terkenal, membagikan tentang bagaimana seseorang bisa bermental kuat.

Morin berbicara dengan musisi, atlet, penulis pemenang penghargaan, dan lainnya untuk mencari tahu tentang gimana mereka menggunakan kekuatan mental untuk mengatasi kesulitan dan mencapai kesuksesan pribadi dan profesional.

Dilansir dari hasil wawancara antara verywellmind.com dengan Morin, inilah beberapa halo yang mau Gue share ke kalian.

Apa itu bermental Kuat, dan apa keuntungannya?

Morin bilang kalau kekuatan mental adalah kunci untuk mencapai potensi diri terbesar dalam hidup.

Kekuatan mental adalah tentang mengatur pikiran, mengelola emosi, dan mengambil tindakan yang produktif.

Kadang kita sering punya pikiran yang gak guna, seperti meragukan diri sendiri, mencemaskan masa depan, anxious, malu, takut, dan lainnya. Pikiran-pikiran itu gak akan membuat Lo lebih produktif.

Dengan bermental kuat, Lo bisa menepis semua pikiran itu. Lo bisa mengatasi pikiran negatif lebih cepat, dan akhirnya bisa mengambil tindakan positif, mengatasi tantangan, dan menghadapi berbagai rintangan.

Apa saja komponen bermental kuat?

Tree silhouette on sunset background

Morin juga menyampaikan bagaimana seseorang bisa memiliki mental yang kuat:

  1. Confidence adalah kunci punya mental yang kuat. Tapi, bukan tentang pemikiran kalau Lo akan selalu berhasil dalam apa yang Lo lakukan. Gak dipungkiri kadang usaha juga bisa mengkhianati hasil karena berbagai faktor. Kepercayaan adalah tentang Lo yang percaya kalau Lo akan baik-baik aja, bahkan ketika Lo gagal.
  2. Resilience atau ketahanan membuat Lo bisa bangkiti kembali setelah menghadapi masa-masa sulit. 
  3. Perseverance atau ketekunan adalah tentang kemauan dari dalam diri Lo untuk terus berjalan bahkan saat menghadapi hal-hal yang terasa sangat sulit dilewati. Menyerah gak ada dalam pilihan hidup Lo.
  4. Self-awareness atau kesadaran diri juga merupakan faktor yang penting untuk mengenali kekuatan, kelemahan, pikiran, kepercayaan, dan kebiasaan Lo. Dan gimana semua itu berdampak ke kualitas hidup Lo. Karena pada akhirnya, Lo yang paling mengenal diri Lo sendiri.
  5. Self-discipline atau disiplin diri gak kalah penting untuk membantu Lo melawan godaan, delay gratification, dan mencapai tujuan hidup.

Apa hal paling penting untuk bermental kuat?

Banyak yang mengira mereka bermental kuat karena bisa menekan perasaan atau pikiran negatif mereka, dan berlagak baik-baik saja.

Padahal, bermental kuat jauh dari itu. Untuk memiliki mental yang kuat, butuh vulnerability.

Itu juga berarti mengakui kalau Lo gak punya kunci jawaban atas semua yang terjadi di hidup Lo dan meminta bantuan ketika Lo membutuhkan.

Juga being aware tentang emosi Lo supaya Lo bisa deal with them dengan cara yang sehat, instead of pura-pura kalau Lo baik-baik aja.

Related posts
Food For Thoughts

Fear of the Unknown, Kiat Menghadapi Hidup yang Gak Pasti

Food For Thoughts

Lucky Girl Syndrome, Ternyata Ada Sisi Negatifnya

Food For Thoughts

Learned Helplessness, Perasaan Pasrah dan Gak Berdaya

Food For ThoughtsLifestyle

Insecure Tentang Badan? Kurangin Sosmed, Kata Penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *