Food For Thoughts

Gak Mau Jadi Orang Rata-rata? Gini Caranya

Kebanyakan orang pasti merasa diri mereka spesial, unik, dan di atas orang rata-rata. Namun, kenyataannya gak begitu.

Menurut bell curve atau grafik distribusi normal yang sering digunakan untuk menilai performa karyawan, hanya 20% yang kinerjanya sangat baik, 20% sangat buruk, dan sebesar 60% rata-rata.

Menjadi orang yang rata-rata bukan hal buruk. Gakpapa untuk menjadi rata-rata di beberapa segi kehidupan Lo.

Namun, triknya adalah menemukan satu atau dua hal yang Lo kuasai untuk jadi berbeda dengan orang lain.

Semua orang di dunia spesial, punya keahlian dan talentanya masing-masing. Termasuk Lo. Ini dia caranya untuk menemukan hal yang bisa membuat Lo beda dari yang lain, dilansir dari hbr.org.

1. Ikuti Rasa Penasaran Lo

Kata-kata kayak “ikuti passion” pasti udah sering banget Lo dengar. Tapi, mungkin itu gak gitu praktikal, karena gimana caranya Lo tau apa passion Lo?

Lo bisa pakai cara yang lebih mudah, yaitu ikuti rasa ingin tahu Lo.

Apa yang bikin Lo penasaran sampai mau Lo cari tau? Apa yang menyita waktu Lo selama berselancar di sosial media atau internet? Topik kayak apa yang menarik perhatian Lo? Tugas sekolah, kuliah, atau kerja yang kayak gimana Lo lakukan dengan rasa excited?

Hal-hal yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari itulah yang bisa membantu Lo menemukan apa sebenarnya passion Lo.

Untuk membuat diri Lo merasa puas dan menghindari perasaan “good” at something, itu gak cuman sampai di situ.

Lo benar-benar harus mencari persimpangan dari 3 hal, yaitu apa yang Lo suka, apa yang Lo kuasai, dan apa yang divalue dunia.

Buat menemukan jawabannya gak instan, Lo harus banyak melalui trial and error. Kadang, jawabannya mungkin jauh dari ekspektasi Lo.

Jadi, bereksperimenlah dengan banyak hal sampai Lo menemukan kombinasi ajaib dari minat, kemampuan, dan nilai itu.

Kalau udah bisa menemukan jawaban itu, maka hidup Lo akan bahagia.

2. Bekerja Keras Melebihi Orang Rata-rata

Banyak orang yang lebih berbakat dari Lo dalam banyak hal. Contohnya Gue yang rata-rata dalam matematika ini harus kerja lebih keras dari teman Gue yang lain untuk mendapatkan hasil yang sama.

Tapi, ketika Gue berhasil, rasanya beda. Gue merayakan kerja keras Gue yang menang lawan kecerdasan. Bukan berarti Lo yang berbakat juga gak perlu berusaha karena selain Lo, banyak orang berbakat juga. 

Bayangkan kalau Lo udah berbakat, ditambah kerja keras. Lo pasti dengan mudah akan bersinar dan jadi spesial di antara kerumunan orang lain.

Kalau bisa, cari komunitas hal apa yang mau Lo pelajari. Dengan begitu, Lo bisa bertemu dengan orang-orang yang punya goal yang sama, dan bisa saling mendukung.

3. Temukan “Cheerleaders” Lo

Perhatikan siapa yang selalu support dan ada buat Lo pas Lo lagi down. Siapa yang semangatin Lo waktu ada presentasi atau interview penting?

Catat orang-orang itu karena mereka yang Lo butuhkan.

Usahakan untuk mengelilingi diri dengan orang-orang yang selalu mendukung Lo. Bukan yang malah menjatuhkan harga diri dan kepercayaan diri Lo.

Cari orang yang mau berkembang dan jadi lebih baik bareng Lo. Yang bisa membantu menilai kemajuan Lo, memberi saran, dan lakukan hal itu juga pada mereka.

Dengan meng-encourage dan membantu orang lain, Lo juga akan jadi lebih percaya diri.

Kita semua bisa melakukan hal-hal besar yang luar biasa, yang gak pernah dibayangkan sebelumnya. Triknya mudah, cari sesuatu yang Lo suka, dan kuasai, lalu pastikan Lo bekerja keras untuk itu.

Seperti kata Carol Dweck, seorang psikolog terkenal dibukunya, Mindset: “A person’s true potential is both unknown and unknowable. It is impossible to foresee what can be achieved through years of passion, toil, and training.”

Related posts
Food For Thoughts

Eldest Child Syndrome, Anak Pertama Pasti Relate

Food For Thoughts

Uang Membuat Orang Gak Berempati dan Bermoral?

Food For Thoughts

Barnum Effect, Alasan Kenapa Banyak Orang Percaya Zodiak

Food For Thoughts

Sunk Cost Fallacy, Salah Satu Alasan Susah Keluar dari Toxic Relationship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *